CCTV

Minggu, 12 Agustus 2012

Apa Itu Prefetch

Apa itu Prefetch?

Saya pernah dengar ada yang bilang seperti ini...

Mungkin teman-teman sudah sering dengar alkisah tentang prefetch, tapi masih meraba-raba dalam gelap mencari pengertian dan fungsinya.

OK, prefetch merupakan folder yang mengandung file-file yang berfungsi untuk mempercepat loading program-program, di mana windows me-load program sebelum kamu membutuhkannya.

Tapi jangan salah, prefetch itu seperti hitam dan putih, selain bisa membantu mempercepat sebaliknya bisa juga membebani kinerja windows dengan banyaknya link-link yang perlu di load kompie, akibatnya bukannya tambah cepat malah jadi lelet kayak uler keket.

Jadi gimana dong, dihapus atau biarkan saja file tersebut? Jika kompie kamu memiliki RAM lebih kecil dari 512 MB prefetch malah bikin lambat, hal itu juga bergantung bagaimana cara kita menggunakan kompie, jika kamu sering menggunakan aplikasi yang sama alias mempunyai pekerjaan rutin dalam menggunakan kompie, maka prefetch akan sedikit membantu mempercepat kinerja windows. Namun sebaliknya, jika kamu tipe orang yang doyan utak-atik atau install berbagai software maka prefetch akan jadi beban bagi kompie kamu, so hapus aja frend.

Intinya, prefetch itu kembaran dengan cache pada processor atau winamp agent pada aplikasi winamp pertama kali diinstall, prefetch berfungsi men-save cache dari aplikasi dan akan diload pada saat start-up windows.



Banyak tip beredar di Internet bahwa folder Prefetch sebaiknya dihapus.

Semua tip ini adalah salah ! ! !

Prefetch bukanlah cache.

prefetch Apa sih Prefetch Folder itu

Folder prefetch berisi file-file .pf yang merupakan trace files. Trace files ini mencatat, pas booting atau start aplikasi, file2 apa saja yang dibutuhkan, dan bagian mana saja dari file tersebut yang perlu di-load ke memory.

Loading hanya terjadi saat booting atau aplikasi di start. Dan yang di-load hanya file2 yang dibutuhkan oleh booting atau aplikasi tersebut; file2 yang dibutuhkan aplikasi2 lain tapi tidak dibutuhkan oleh aplikasi yang sedang start tidak akan di-load.

Prefetch folder memiliki maksimum 128 trace file. Secara otomatis Windows akan menghapus trace file paling tua jika sudah tidak dibutuhkan.

Fungsi dari file Prefetch ialah membuat program sobat neamer berjalan lebih cepat ketika sobat neamer  membukanya.

Dengan sudah adanya file Prefetch, ini berarti Windows tidak lagi membutuhkan sebuah referensi untuk program agar dapat muncul.

Tapi berhati-hatilah, rumor dan tips palsu telah beredar di Internet selama bertahun-tahun.

Microsoft Windows XP menyisipkan komponen Prefetch. Prefetch adalah fitur pada Windows XP dan Windows Server 2003 yang berfungsi meningkatkan kinerja pada saat booting dan starting sebuah aplikasi.

prefetch2 Apa sih Prefetch Folder itu

Caranya adalah: Pada saat booting atau starting sebuah aplikasi, Windows akan mengamati file-file apa saja yang di-load pada saat aplikasi tersebut mengalami inisialisasi. Nah, kali booting/starting berikutnya, Windows akan me-load file-file ini sebelum diminta.

File-file tersebut disimpan di folder “WindowsPrefetch”. Dengan mengklik, misalnya, Microsoft Word, pengguna akan menghemat waktu sejak semua file dan data yang diperlukan untuk membuka sebuah program telah diambil dahulu.

Sayangnya masih ada banyak sekali tips palsu dan informasi tentang Prefetch di Internet.

Jika sobat neamer beruntung, tips tentang optimisasi di bawah ini tidak memberikan efek apapun terhadap PC sobat neamer. Semakin sering atau tidak (melakukan tips palsu itu), hanya saja, akan memperlambat kinerja komputer! Bacalah untuk mengetahui apa yang benar dan apa yang tidak benar.

1. Masalah: Untuk mempercepat loading program, sobat neamer harus sering-sering mengosongkan folder Prefetch.

Solusi: Hindari mengosongkan folder Prefetch.

Mengosongkan folder Prefetch akan membuat komputer sobat neamer lambat sampai Windows kembali mengumpulkan kembali semua informasi Prefetch, dan ini membutuhkan waktu yang lama dan lambat. Windows otomatis akan membersihkan folder.

2. Masalah: Nonaktifkan Prefetch dari Registry Editor untuk menghemat memori. Solusi: Prefetch sama sekali tidak menggunakan memori. Menonaktifkannya akan meningkatkan waktu loading programs.

Semoga tips dan trik ini dapat membantu sobat neamer . Sekali lagi, tidak benar! bahwa Prefetch memperlambat komputer sobat neamer.

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar