CCTV

Sunday 12 August 2012

Optimalkan Kinerja Windows XP bag. 1

Optimasi Windows XP adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan jika kita menginginkan performa Windows XP yang maksimum.Panduan optimasi windows XP yang ditunjukan dibawah ini akan membuat kinerja Windows XP Anda semakin optimal. Dengan mengooptimalkan kinerja Windows XP, otomatis Anda akan menghemat system resource, menghemat memory dan menghemat harddisk. Ujung-ujungnya Windows XP Anda semakin cepat dan efisien. Proses booting, shutdown dan membuka aplikasi juga akan makin cepat.

Ikuti panduan optimasi Windows XP dibawah ini:

Optimasi Efek Visual (Visual Effects)

Untuk sebagian pengguna yang tidak terlalu mementingkan aspek visual dan lebih mementingkan segi performa. Optimasi dibawah ini akan sangat berguna buat anda.

Control Panel >> System >> Advanced >> Visual Affects Deselect semua opsi kecuali ‘Use Visual Styles on windows and buttons.’

Matikan Laporan Kerusakan (Disable Error Reporting)

Fitur Error Reporting merupakan fitur pengirim info apabila sistem sedang mengalami gangguan (error). Pada sebagian pengguna fitur ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Tekan tombol Windows dan Pause Break bersamaan >> Pilih Advanced tab >> lalu check pada opsi Error Reporting >> Kemudian uncheck pada pilihan “ But notify me when critical errors occur”. Setelah itu tekan OK.

Jangan sembunyikan Inactive Icons

Klik kanan pada tombol Start >> pilih properties >> klik pada Taskbar tab >> uncheck pada opsi “Hide inactive icons” >> juga apabila anda tidak suka dengan kebiasaan XP yang mengelompokan open windows menjadi satu grup pada taskbar , lakukan uncheck pada opsi “Group similar taskbar buttons

Matikan fitur Remote Assistance

Fitur ini pada dasarnya melindungi dan melakukan kontrol dalam proses share dengan komputer lain melalui network ataupun internet. Namun pada sebagian orang fitur ini tidak terlalu penting.

Tekan tombol Windows dan Pause Break secara bersamaan >> klik pada Remote tab. kemudian uncheck pada kedua check box yang ada, kemudian OK.

Disable user tracking


Fitur user tracking pada XP pada dasarnya 99% tidak berguna. Padahal fitur ini cukup memakan banyak resource pada sistem. Jadi lebih baik kita me-nonaktif-kannya saja. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut ini

Start >> Run >> ketik regedit kemudian Enter.
browse dan temukan
HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Policies \ Explorer

kemudian cari file DWORD dengan nama “NoInstrumentation”. Apabila tidak ada, anda bisa membuatnya sendiri. Klik kanan dan pilih New >> DWORD Value, kemudian beri nama “NoInstrumentation”. Default setting pada awalnya bernilai 0, namun kita hrus mengubahnya menjadi 1, fungsi ini nantinya yang akan men-disable hampir seluruh fitur user tracking pada sistem.

Update Service Pack

Apabila anda belum menggunakan XP SP3, download dan instal link di bawah ini:
SP3

( jangan lupa, bila komputer anda memakai prosesor AMD, instal terlebih dahulu:
AMD

Disable ballon tips

Beberapa informasi bisa diperoleh lewat pop up yang disediakan oleh Windows melalui fitur ini pada interface sistem. Sebagian informasi yang disajikan pada awalnya memang cukup berguna, namun lama kelamaan justru menggangu aktifitas. Apabila anda salah satu yang merasa terganggu, anda dapat mengikuti langkah dibawah ini
Click Start >> Run
Ketik GPEDIT.MSC >> Tekan Enter.
Pilih pada User Configuration >> Administrative Templates >> Start Menu & Taskbar
Double-click pada Remove Balloon Tips on Start Menu Items kemudian pilih Enabled.
Click OK.

Disable Indexing

Indexing adalah salah satu layanan yang memakan cukup banyak RAM dan kadang justru membuat komputer menjadi lambat dan menurunkan performa.

Control Panel >> Double-click Add/Remove Programs >> Click pada Add/Remove Window Components >>Uncheck pada Indexing services >> Click Next

Stop search untuk network folders / printers:

Buka My Computer >> Click Tools menu >> Click pada Folder Options >> pilih View tab. >> Uncheck Automatically search for network folders and printers >> Click Apply >> Click OK.

Disable Performance Counters:

Performance Counters adalah sebuah tool yang dipakai oleh Windows untuk memonitor eror maupun trouble pada kecepatan dan performa pada Windows. Namun pada kenyataannya hanya sedikit pemakai Windows yang perlu dan bisa memakai tools ini. Daripada menghabiskan resource pada sistem lebih baik kita disable saja.

Download dan install file pada
Klik Disini

C:\Program Files\Resource Kit and click on the app.
Dan hilangkan check pada opsi “performance counters enabled”
Clean up disk space dan defrag

Download Ccleaner dan Deffragler dari
Klik Disini

Instal dan jalankan tiap aplikasi, jangan lupa untuk melakukan scan dan fix registry issues di Ccleaner, tentunya setelah melakukan cleaning terlebih dahulu. Pada sesi cleaning di Ccleaner saya biasanya men-check semua opsi kecuali ‘autocomplete form history’.

Optimasi koneksi internet


Instal dan jalankan aplikasi TCP/IP Optimizer >> klik pada tab general setting dan pilih Connection Speed (Kbps) >> klik Network Adapter dan pilih interface yang akan dipakai sebagai konektifitas ke internet >> lalu check optimal settings kemudian Apply

Apabila penasaran dengan kecepatan koneksi internet anda, aplikasi ini bisa dicoba:

Klik Disini

Optimisasi Pagefile

Stop fitur otomatis windows yang akan me-resize pagefile.

Klik kanan My Computer >> properties >> pilih tab Advanced >> Pada opsi Performance pilih Setting >> pilih tab Advanced lagi >> Pada opsi Virtual Memory ubah setting page file initial size menjadi sama dengan maksimum size-nya >> klik Set.

Mempercepat Proses Booting pada Windows XP

BootVis dapat melakukan defragment pada file yang akan diakses pada saat boot yang bertujuan untuk menambah performance pada sesi startup.

Download dan jalankan Bootvis

Select Trace >> select Next Boot and Driver Trace >> window Trace Repetitions akan muncul >> select OK dan Reboot Windows

Setelah proses reboot, BootVis akan otomatis running, dan akan segera melakukan optimisasi boot proses pada sistem. Setelah selesai, pada menu BootVis pilih Trace lagi kemudian select pada Optimize System, Windows akan kembali melakukan reboot dan anda harus sedikit menunggu lagi untuk proses optimasasi tahap akhir.

Matikan Service yang tidak diperlukan (Disable Unnecessary Service)

Untuk pengguna XP pada umumnya, fitur-fitur dibawah ini tidak terlalu penting dan bisa dihilangkan. Namun apabila anda ragu, sebelumnya anda bisa melihat ke http://www.blackviper.com/WinXP/servicecfg.htm

Klik Start >> Run >> ketik services.msc
Klik pada tiap service dibawah ini dan pilih startup type menjadi disabled
Alerter
Clipbook
Computer Browser
Distributed Link Tracking Client
Fast User Switching
Help and Support – (If you use Windows Help and Support leave this enabled)
Human Interface Access Devices
Indexing Service
IPSEC Services
Messenger
Netmeeting
Remote Desktop Sharing (disabled for extra security)
Portable Media Serial Number
Remote Desktop Help Session Manager (disabled for extra security)
Remote Procedure Call Locator
Remote Registry (disabled for extra security)
Remote Registry Service
Secondary Logon
Routing & Remote Access (disabled for extra security)
Server
SSDP Discovery Service – (Unplug n’ Pray will disable this)
Telnet TCP/IP NetBIOS Helper
Upload Manager
Universal Plug and Play Device Host
Windows Time
Workstation

Disable boot sreen dan remove program yang tidak penting pada startup

Start >> Run >> msconfig
Pada tab Boot.ini pilih ‘no gui boot’

Dan pada tab Startup uncheck semua yang menurut anda tidak penting untuk ada di startup anda

Matikan atau Disable System Restore

(apabila anda benar-benar memerlukannya, biarkan fitur ini tetap enable)

1. Buka Control Panel
2. Klik pada Performance and Maintenance
3. Pilih System
4. Klik tab System Restore
5. Check pada ‘Turn off System Restore on All Drives’
6. ‘Ok’

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

1 comment: