CCTV

Thursday 6 December 2012

Berkat CCTV Online, Semua Bisa Lancar

CCTV Online, semua aman semua lancar. 
Speedy Monitoring cara mudah memantau dan merekam video di dalam serta di luar ruangan yang bisa diakses melalui browser web atau aplikasi mobile-nya di Smartphones, tablet dan PC. Sebelum saya membahas produk yang di luncurkan dari layanan Telkom Indonesia yaitu Speedy Monitoring, sobat neamer simak dulu devinisi dari Closed Circuit Television.


Apa sih CCTV Online itu ?
Closed Circuit Television (CCTV) (Indonesia : Televisi sirkuit tertutup) yang berarti menggunakan sinyal yang bersifat tertutup. Camera CCTV Network atau yang biasa di sebut IP Camera, bisa menggunakan jejaring yang berarti akan menghemat dari segi installasi karena network bersifat pararel dan bercabang tidak memerlukan satu kabel khusus untuk tiap kamera dalam pengaksesannya.

Pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri-industri seperti militer, bandara, toko, kantor, pabrik dan bahkan sekarang perumahan pun telah banyak yang menggunakan teknologi ini untuk Monitoring Rumah mereka secara Online Monitoring yang bisa diakses melalui browser web atau aplikasi mobile di Smartphones, tablet dan PC dimanapun dan kapanpun dengan koneksi jaringan internet.

Perlengkapan dari CCTV sendiri terdiri dari :

  1. Kamera : Kamera CCTV ini berfungsi sebagai alat pengambil gambar. Ada beberapa tipe kamera yang membedakan dari segi kualitas, penggunaan dan fungsinya 2 hal yang paling utama adalah
    • Camera CCTV analog
    • Camera CCTV Network
  2. DVR : (Digital Video Recorder). ini adalah system yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam semua gambar yang di kirim oleh kamera, jumlah dan kualitas rekaman akan ditentukan oleh DVR.
Sedangkan untuk CCTV Network atau CCTV Online, sobat neamer hanya memerlukan IP Camera tidak perlu menggunakan DVR karena layanan Speedy Monitoring menyediakan media penyimpanan yang ditangani secara terpusat sehingga sobat neamer hanya perlu menyediakan kamera. Sobat neamer tidak direpotkan lagi dengan urusan penyediaan penyimpanan data dan penyediaan server.



Apa sih Fungsi, Tujuan serta Manfaat dari Pemasangan/ Penggunaan CCTV itu sendiri?
  1. Sebagai faktor pencegahan, pelaku kriminal seringkali mengurungkan niatnya dan atau malah takut setelah melihat adanya kamera CCTV yang sudah terpasang di tempat sasarannya apabila sasaran memiliki kamera CCTV. 
  2. Sebagai pemantauan dari jarak jauh (dengan remote camera, wireless camera, IP Camera, kamera CCTV Internet atau via satelit), system CCTV berguna untuk memonitoring dan atau mengawasi keadaan dan kegiatan di lokasi yang terpasang kamera CCTV seperti toko/ kantor/ pabrik dari rumah, pertanian, peternakan, pertambangan, rumah sakit, perparkiran, tempat hiburan, sekolah, gudang, dan banyak lainnya.
  3. Sebagai peningkatan kinerja staff secara luar biasa drastis, dengan adanya system CCTV terbukti meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan. 
  4. Sebagai penyelidikan, system CCTV berguna untuk menunjang penyelidikan tindak kejahatan yang telah terjadi
  5. Sebagai bukti, hasil rekaman video CCTV dapat dijadikan bukti tindak kejahatan atau kriminal. dan;
  6. Dapat mengurangi dan mencegah kecurangan dan penipuan, mencegah kehilangan barang dan kerugian material serta melindungi asset berharga kita. 

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

8 comments:

  1. Mbakbro/masbro nih. Agak bingung saya.
    OK, Admin aja deh.
    Apa sih bedanya :
    Camera CCTV Analog, dan;
    Camera CCTV Network?
    Makasih.

    ReplyDelete
  2. kamera analog kamera yang menggunakan satu solid kabel untuk setiap kamera yang berarti, satu kamera akan terhubung ke satu DVR atau system secara langsung, jika anda memasang 4 camera CCTV analog, maka anda juga membutuhkan 4 system DVR. sedangkan ;

    Camera Network/ IP Kamera dapat menggunakan jaring yang berarti akan menghemat dari segi installasi karena jaringan bersifat pararel/ bercabang tidak memerlukan kabel khusus untuk tiap kamera dalam pengaksesannya (seperti produk Telkom Indonesia/ Speedymonitoring.

    Semoga membantu.
    Regards.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Amiin...
      Ok deh makasih sobat.
      Semoga bermanfaat juga buat pembaca.
      Salam sukses.

      Delete
  4. Sederhana dan komplit. Semoga menang dalam lombanya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... Terimakasih do'a nya sobat.
      Dear.

      Delete
  5. Artikel nya bermanfaat, terus kira2 bisa tidak kamera cctv network dipasang didaerah tak bersinyal tapi dapat diakses dari perkotaan. Contoh pemasangan cctv di menara suar di pulau yang dapat dipantau dari kota.,,
    Mohon pencerahannya,,,,,,

    ReplyDelete
  6. Sobat Aron Suhartono, maaf sebelumnya, saya belum pernah mencoba hal yang demikian.
    setahu saya, mengunakan CCTV online memerlukan network.

    ReplyDelete